Gejolak Mobil China Wuling, Ini Produk Baru Datsun

Gejolak Mobil China Wuling, Ini Produk Baru Datsun
Kehadiran mobil China, Wuling memberikan persaingan tersendiri. Wuling berani untuk membuat pabrik lokal untuk pasar Indonesia.

Kabar5.Com, Jakarta | Datsun Indonesia, telah menyiapkan strategi khusus seiring rencana pabrikan asal China, Wuling yang akan meluncurkan produk perdananya di Indonesia akhir tahun ini.

Kepala Datsun Indonesia Indriani Hadiwidjaja mengatakan tidak melulu soal Wuling yang menghadirkan kendaraan penumpang dengan harga menyerupai mobil low cost green car (LCGC). Persaingan telah terjadi jauh sebelum munculnya Confero S, dengan hadirnya mobil LCGC dari kompetitor.

“Tetapi in the end Datsun sendiri sudah punya strategi juga. Kami sudah mempersiapkan produk, yang akan kita luncurkan. Intinya customer yang akan memilih,” kata Indri di Jakarta.

Indri mengaku, tidak dapat memberi banyak komentar terkait kehadiran Wuling, apalagi jika berbicara soal harga. Prediksinya, bisa iya juga tidak, yang dapat merusak pasarnya.

“Ya namanya pemain tambahan, mau itu merek China, Korea atau, Jepang lainnya menurut saya pasti ada impactnya terhadap pasar. Kan pasar Indonesia besar banget. Kami sekarang baru ini satu juta unit kan, sedangkan penduduk 250 juta, yang mampu beli mobil ya mungkin 20 persennya deh,” ungkapnya.

“20 persennya ya udah 50 juta kan. Nah pasar otomotif kita masih satu juta, jadi cukup banyak ruang, pemain-pemain baru mengambil pasar di Indonesia ini. Pasar apa yang akan dimakan kami tidak tahu,” kata Indri menambahkan.

Mobil Baru

Indri yang akan aktif sebagai Marketing Busines Unit Datsun Global itu berujar, meski tidak memberi informasi secara rinci terkait produk barunya, dipastikan mobil baru keluaran Datsun secepatnya akan meluncur pada tahun ini.

“Belum bisa saya bocorin sekarang, tapi yang pasti akan datang, tahun fiskal ini,” kata dia.

Untuk produk baru nanti, Indri menjelaskan, tentunya masih disegmen serupa dengan sebelumnya. Keluaran Datsun tidak akan melampaui dari segmen yang diusung oleh segmen rekan sati groupnya, Nissan.

Bagi dia, memang saat kembali muncul ke permukaan di tanah air, memang menyasar negara dengan pasar sedang berkembang, seperti India, Afrika Selatan hingga Indonesia. Hal itu juga bagian dari strateginya untuk memperjelas bagian, antara Nissan dan Datsun.

“Ke depannya masih menyasar ke segmen yang price entry, karena kayak di Indonesia, India dan Rusia mereka punya Nissan. Jadi Datsun tidak akan overlapping dengan Nissan. Kami memperjelas positioning Nissan dan Datsun,” kata Indri.

Hingga kini Ada dua produk yang diluncurkan Datsun, yaitu Go dan Go Panca. Walau berstatus LCGC, Datsun Go telah hadir dengan tempat duduk tiga baris atau tujuh penumpang.

Varian terendah, Datsun Go Panca dijual hanya Rp98.7 juta. Dengan harga itu Anda sudah bepergian bersama keluarga Anda dengan nyaman. Sementara untuk varian tertingginya, Datsun GO Panca T Style M/T hanya dipasarkan Rp122.550.00.

Dua tipe keluaran Datsun telah disematkan berbagai fitur, dari varian termurah hingga tertinggi. Mulai dari airbag untuk pengemudi dan sabuk pengaman dengan pretensioner. Fitur lain adalah Drive Computer, Digital Tachometer, Gear Shift Guide, Intelligent Wiper dan Parking Sensors. Tipe terendahnya tidak dilengkapi dengan audio headunit.

Untungnya sudah dilengkapi Mobile Docking Station. Jadi, Datsun termurah tetap menyediakan audio speaker yang dapat memutar musik maupun radio dari smartphone. Untuk tipe yang lebih tinggi, Datsun melengkapi dirinya dengan audio 1-DIN lengkap dengan konektivitas USB.

Agar tetap nyaman, Datsun sudah dilengkapi dengan air conditioner (AC) yang dapat diatur secara manual. Untuk fitur keamanan terdapat Immobilizer, Central Door Lock, serta Keyless Entry dengan alarm.

Selain itu menyoal mesin pabrikan asal Jepang ini menyematkan mesin DOHC 3-silinder berkapasitas 1,2 liter. Mesin mampu menghasilkan 68 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi 104 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm. Datsun Go sudah mengaplikasi teknologi Drive by Wire dan fuel injeksi.

 

(red)

Tags: ,
banner 468x60

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk informasi update silakan berlangganan newslatter kami di bawah ini

No Responses

Tinggalkan Balasan